Popular posts

Diberdayakan oleh Blogger.
shoppe On Jumat, 05 April 2013

      


    Di Kota Probolinggo, tepatnya di Kelurahan Pilang, RT 03/03, Kecamatan Kademangan, ada warga pengrajin kerajinan tangan yang menjual berbagai macam souvenir yang terbuat dari Batok Kelapa dan Kain. 
 
  Kata orangnya sih begini, “Usaha ini saya rintis sebagai hobi aja, untuk mengisi waktu luang, daripada waktu terbuang percuma mendingan menyalurkan hobi dengan cara membuat berbagai macam tas dan toples dan tutup gelas dari batok kelapa dan kain,” kata Nurani, salah satu pengrajin aneka sovenir.


    Nurani menambahkan, aneka kerajinan tangan yang dibuatnya diantaranya, Tas Somok, Tas Batok Kelapa (Tempurung), Tas Muntu, Tas Rajut, Kerajinan aneka Top Les, dan tutup gelas, semuanya dijual dengan harga yang terjangkau loh, jadi kalian jika ingin membeli tidah usah repot-repot ngeluarin duit yang banyak.


  Nih, harganya, "Untuk Tas Batok atau Tempurung, saya jual dengan kisaran harga Rp50.000 – Rp150.000,- sesuai dengan besar dan kecilnya, tingkat kesukaran pembuatannya dan lama pengerjaanya, misalnya tas yang terbuat dari Batok Kelapa dengan harga Rp150.000,- karena membuatnya sukar dan memerlukan 10 hari untuk menyelesaikannya, jadi kita jual dengan harga yang lumayan,” jelasnya.

  “Untuk tas-tas yang terbuat dari kain, karena relatif mudah dan bisa dikerjakan dengan waktu yang relatif singkat, kami jual dengan kisaran harga Rp60.000 saja, karena dalam sehari bisa membuat sebanyak 3 buah, misalnya tas munte, bisa menghasilkan 3 buah dalam sehari,” paparnya.


  Nurani mengatakan, bahwa kalau orderan lagi ramai, ia bisa menyerap 10 orang tenaga kerja untuk membuat tas yang dijahit.

  
  “Kalau lagi ada orderan, saya bisa mempekerjakan 10 orang, untuk menjahit pembuatan tas, tapi kalau lagi sepi, saya kerjakan sendiri, sekedar pengisi waktu luang, maklum ibu rumah tangga, banyak menghabiskan waktu di rumah, dan saya isi dengan membuat kerajinan tangan untuk dijual, sebagai penghasilan tambahan,”.

 Bagaimana komentar kalian mengenai kerajinan batok kelapa dan kain jadi souvenir ini ? komentar ya. ;)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments